Bahas Percepatan KUA/PPAS APBD-P, Komisi I DPRD Sulbar Kunker di Kabupaten Polman dan Pasangkayu

0
81
Ket.Foto: Komisi I DPRD Sulbar Kunker Bahas Percepatan KUA/PPAS APBD-P 2020;

KLIKSULBAR.ID – MAMUJU, Komisi I DPRD Sulbar menggelar kunjungan kerja di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten Polman, Jumat (4/9/2020). Mereka diterima langsung Kepala PMD H. Azwar Jasin, S.Sos, M.S. Hadir dalam kunker tersebut, Ketua DPRD Sulbar Hj. St. Suraidah Suhardi, Dalif Arsyad, Sahrir Hamdani dan Andi Salehuddin. Kunjungan kerja komisi I DPRD Sulbar terbagi pada dua kabupaten, yakni Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Pasangkayu.

Dari hasil kunjungan di dapatkan beberapa hal dari hasil pembahasan dan kesimpulan yakni :

I. peningkatan ASN dalam pendampingan, maupun peningkatan kapasitas kepala desa dan Dinas PMD membutuhkan dukungan dari DPRD baik Kabupaten maupun Provinsi. perlu juga menjadi perhatian bahwa dalam melaksanakan program pembangunan desa ini, Pemprov Sulbar melalui dinas PMD rutin melakukan rapat koordinasi dan Monitoring setiap kabupaten dan melakukan pendampingan serta evaluasi dan mengelola dana desa oleh pemerintah desa dan ditekankan dalam membangun dan mengelola dana desa perlu memperhatikan tiga hal yaitu 1. Data kebutuhan desa dan perencanannya 2. Regulasi atau aturan dan 3. segera membentuk APBD.

Ket.Foto: Komisi I DPRD Sulbar Kunker Bahas Percepatan KUA/PPAS APBD-P 2020;

II. Bahwa dalam memberikan bantuan keuangan khusus ke desa perlu memperhatikan regulasi dan aturan yang berlaku minimal memiliki payung hukum begitu halnya juga dengan pengelolaan dana desa agar pemerintah provinsi dapat memberikan pendampingan, dukungan dan pembinaan dalam pengelolaan dana desa.

III. Mendorong desa-desa untuk melakukan inovasi desa, meningkatkan peran BUMDes dan satu hal yang sekarang ini menjadi prioritas pengembangan desa adalah membuat kawasan wisata pedesaan yang langsung dikelola oelh desa itu sendiri melalui BUMDes. (Advertorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here