Pemeriksaan Swab COVID-19 Kini Bisa di Sulbar

0
107
Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Barat, dr. Muhammad Alief Satria. Foto: Dok. Kominfo Sulbar

KLIKSULBAR.ID – MAMUJU, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Barat kini bisa melakukan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) atau tes swab sendiri tanpa harus mengirim spesimen pasien COVID-19 ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulbar, Muhammad Alief Satria, mengatakan pihaknya sudah bisa melakukan pemeriksaan swab dengan metode a qualititative rapid.

“Kini kita sudah bisa melakukan pemeriksaan PCR sendiri menggunakan mesin TCM (tes cepat molekuler) yang ada di RSUD Provinsi Sulawesi Barat,” ungkap Alief, Jumat (15/5).

Menurutnya, mesin TCM tersebut sudah dimiliki RSUD Regional Sulbar sejak tahun 2014 untuk pemeriksaan Tuberculosis (TBC).

Dengan menggunakan cartdridge khusus COVID-19, sambung Alief, mesin TCM tersebut dapat difungsikan untuk mendiagnosa COVID-19.

“Dengan melihat eskalasi kasus konfirmasi positif di Indonesia semakin meningkat, maka pemeriksaan RT PCR yang sebelumnya hanya dilakukan di laboratorium-laboratorium rujukan kini diperluas dengan memanfaatkan mesin TCM yang telah tersedia di hampir semua rumah sakit milik pemerintah,” ujarnya.

Alief menambahkan, penggunaan mesin TCM untuk melakukan pemeriksaan spesimen pasien COVID-19 tersebut lebih cepat, yakni dalam waktu 45 menit mampu memeriksa 40 spesimen per hari.

“Kalau real time PCR butuh waktu 3 jam 30 menit. Yang pastinya mulai sekarang kita manfaatkan sumber daya dan alat yang kita miliki di RSUD Sulawesi Barat,” ucapnya.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulbar, Safaruddin Sanusi, menambahkan Pemprov Sulbar mendapatkan dukungan dari Kementerian Kesehatan untuk penggunaan mesin TCM tersebut.

“Jadi kita dibantu oleh Kementerian Kesehatan seperti cartridge Xpert SARS-CoV-2, masker N95, dukungan pemeliharaan alat, serta sistem pelaporan online sehingga lebih cepat,” ungkap Safaruddin.
Dikatakan, tim gugus tugas COVID-19 Sulbar juga telah menyiapkan SDM untuk melakukan pemeriksaan, penyediaan sarana penunjang, serta insentif bagi tenaga pemeriksa.

“Kita sudah siapkan SDM serta insentif bagi tenaga pemeriksa,” pungkasnya. (*/red-FA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here