Anggota DPRD Sulbar Taufiq Agus Sosper di Mamuju Tengah

0
84
Ket.Foto: Anggota DPRD Sulbar, H Taufiq Agus SH memberi arahan di hadapan masyarakat Kecamatan Pangale, Kabupaten Mamuju Tengah saat melakukan Sosper di wilayah itu.

KLIKSULBAR.ID — TOPOYO, Kegiatan sosialisasi tentang peraturan daerah (Sosper) dilaksanakan anggota DPRD Sulbar, H Taufiq Agus, SH, di Desa Pangale, Kecamatan Pangale, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), pada 13 sampai 15 Maret 2020.

Selain warga Desa Pangale, sosialisasi ini juga dihadiri warga Desa Kombiling yang mayoritas petani. Turut hadir dalam sosialisasi ini, masing-masing Kepala Desa Pangale, Muh Kasim, Kepala Desa Kombiling, Nasaruddin, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda. Para peserta Sosper tampak begitu antusias mendengarkan penjelasan anggota DPRD Sulbar dari daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Mamuju Tengah ini.

Pada kesempatan tersebut, politikus Partai Golkar ini menyampaikan beberapa poin terkait tugas-tugas sebagai anggota DPRD. Dikatakan, dalam penganggaran ada dua macam, yakni anggaran melalui APBD dan anggaran non APBD. Dan ini dilakukan pembahasan setiap tahunnya.

Taufiq Agus dari Dapil Mamuju Tengah (Mateng) melakukan reses mulai 24-28 Januari 2020 di Desa Karossa, Desa Babana, Kecamatan Budong-Budong, dan Desa Tinali Kecamatan Budong-Budong, Mateng. Masing-masing di Desa Tinali 26 Januari 2020, dan Desa Babana 27 Januari 2020.

Berdasarkan data dari Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Sulbar, kata H Taufiq Agus, ada sepuluh Perda tahun ini telah diusulkan. Dan saat ini sudah ada 2 Ranperda dalam proses pembahasan di panitia khusus (Pansus).

Adapun rancangan peraturan daerah (Ranperda) yang dimaksud H Taufiq Agus sedang dalam proses pembahasan, yakni Ranperda pengarusutamaan gender serta Ranperda pengelolaan dan penyelenggaraan keolahragaan.

”Kami di DPRD Sulbar telah melakukan pembahasan pada kedua Ranperda ini. Salah satu tolok ukur kinerja DPRD Provinsi Sulbar adalah membahas Ranperda yang ada. Dan salah satu fungsi anggota DPRD Sulbar adalah melakukan legislasi dalam mewujudkan pembentukan Perda,” tutur Taufiq Agus.

Taufiq Agus menambahkan, setiap anggota DPRD Sulbar dalam proses pembahasan Ranperda itu juga ada tanggung jawab melakukan sosialisasi terhadap Ranperda tersebut. Sehingga Ranperda yang telah dibahas ini akan diketahui secara meluas oleh publik atau masyarakat.

”Dalam tolak ukur pada peran anggota DPRD tersebut akan dinilai keberhasilannya jika dia mampu menghasilkan Perda setiap tahunnya. Dalam sosialisasi Perda tersebut, tambah Taufiq Agus, maka ditinjau dari aspek hukum dan makna dalam kegiatan ini, salah satunya kegiatan reses juga menyerap aspirasi masyarakat,” paparnya.

Selain melakukan sosialisasi Perda, ada juga beberapa masyarakat yang menyampaikan usulannya terkait infrastruktur jalan dan drainase. Menanggapi usulan yang dimaksud, H Taufiq Agus, SH menyampaikan, pihaknya akan mengkonsultasikan dengan pihak Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah dalam hal ini bupati Mamuju Tengah. Karena ini terkait kewenangan. (*Advertorial*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here