UMKM Terdampak Covid-19 Segera Lapor ke Dinas Koperasi

0
127

KLIKSULBAR.ID – MAMUJU, Mewabahnya virus Corona (Covid-19) berdampak buruk bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk itu Pemerintah Pusat menyiapkan bantuan sosial sektor informal dan stimulus ekonomi bagi UMKM guna menjaga daya beli di tengah tekanan ekonomi saat ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jalaluddin mengatakan tidak semua UMKM harus mendapat penangguhan. Kebijakan tersebut diperuntukkan bagi pelaku usaha berpenghasilan harian.

“Misalnya tukang ojek, atau pelaku usaha kecil lainnya yang pendapatan mereka bergantung pada usaha harian mereka. Mereka ini yang terkena dampak langsung ancaman Covid-19. Mereka ini yang diminta oleh Presiden untuk ditunda cicilannya atau anggsuranya selama satu tahun,” tuturnya

Untuk mengetahui berapa banyak pelaku UMKM di Mamuju yang kena imbas, Dinas Koperasi dan UKM Mamuju bekerjasama dengan dinas terkait di kabupaten/kota melakukan pendataan.

“Sampai saat ini kami di Dinas UKM Mamuju. Sementara masih dilakukan pendataan,” ucap Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Jalaludin, Senin (9/3/2020).

Untuk memperoleh data dalam waktu yang cepat dan tetap mengikut protokol pencegahan penybaran Covid-19, Dia bilang pendataan dilakukan dengan dua cara yakni menyurat secara resmi dinas.

Jalaluddin menjelaskan, setelah semua data terkumpul pihaknya akan merumuskan kebijakan strategis untuk membantu pelaku UMKM sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.

“Kemarin langkah pertama sudah dilakukan, yaitu rapat bersama dengan pihak perbankan dan non perbankan, hasilnya semua mengerti dengan kondisi saat ini dan membantu para UMKM yang terdampak,” jelasnya. *Advertorial*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here