Pansus PUG DPRD Sulbar Sambangi Rumah Singgah Perempuan

0
82
Ket.Foto: Rombongan Pansus Pengarusutamaan Gender (PUG) DPRD Sulbar menyempatkan berkunjung ke rumah singgah penampungan di Makassar. Tepatnya di Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Makassar, Sulsel, Jumat, (28/02/2020).

KLIKSULBAR.ID – MAKASSAR, Rombongan Pansus Pengarusutamaan Gender (PUG) DPRD Sulbar menyempatkan berkunjung ke rumah singgah penampungan di Makassar. Tepatnya di Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Makassar, Sulsel, Jumat, (28/02/2020).

Wakil Ketua DPRD Sulbar, Muh Jayadi menyampaikan lokasi yang dikunjungi ini adalah shalter atau rumah singgah penampungan korban dari berbagai masalah. Termasuk binaan dalam rangka peningkatan ekonomi perempuan.

“Kaitannya dengan ini perlu kita mendapatkan masukan langsung dari masyarakat, terutama kepada korban soal bagaimana pemerintah Sulsel dalam menangani kesenjangan gender di lapangan,” kata Jayadi. Menurutnya, kondisi Sulbar hari ini masih terdapat kesenjangan gender yang menjolok. Sesuai data BPS dari aspek indeks pembangunan manusia dengan tiga indikatornya.

Yakni dari aspek pendidikan laki laki dan perempuan masih terjadi ketimpangan, perbedaan dari segi lamanya bersekolah terjadi perbedaan samapi 5 digit. Kedua dari segi kesehatan dimana angka harapan hidup laki laki lebih rendah ketimbang permpuan, dan ketiga aspek ketenaga kerjaan dimana angkatan kerja lebih didominasi kelompok laki laki.

Harapannya kedepan dengan regulasi perda tentang PUG nantinya bisa dintegrasikan mulai dari perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan serta evaluasi pembangunan yang responsif gender di Sulbar. Hadir juga dalam kunjungan ini Ketua DPRD Sulbar St Suraidah Suhardi dan beberapa anggota pansus lainnya. (*/Advertorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here