DPRD Sulbar Bahas Ranperda Sumber Energi Mineral

0
33

KLIKSULBAR.ID – MAMUJU, DPRD Sulawesi Barat (Sulbar) bersama pemerintah provinsi Sulbar membahas rancangan peraturan daerah (Ranperda) sumber energi.

“Sulbar memiliki potensi energi sumber daya mineral yang tersebar di seluruh wilayahnya sehingga pansus ini ranperda sumber energi disusun,” kata Ketua Pansus Ranperda sumber energi DPRD Sulbar, Ir Yahuda di Mamuju, Jumat.(30/08/2019).

Ia menambahkan, pertemuan dengan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulbar dan DPRD Sulbar telah dilakukan dalam rangka membahas Ranperda sumber energi.

Yahuda mengemukakan, ranperda sumber energi baru dimiliki tiga daerah di Indonesia.

“Kita harapkan pembahasan ranperda sumber energi ini dapat dipercepat, agar Sulbar juga memiliki ranperda tersebut,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertambangan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulbar, Amri Ekasakti juga memberikan gambaran secara umum soal sumber energi di Sulbar.

“Kita memiliki sumber energi cukup besar dan beragam, Sulbar sebagai surganya mineral energi di Indonesia karena memiliki logam batubara dan juga ada 11 sumber sungai serta memiliki biji besi, galena, logam dasar, biji emas, dan pasir biji besi,” jelasnya.

Soal radio aktif atau uranium di Sulbar, kata Amri masih aman dan masih belum dikelola.

Amri menambahkan, potensi panas bumi ada di Kabupaten Polewali Mandar serta potensi energi tenaga angin ada di Mamuju, Polman, Mateng, dan Pasangkayu merupakan aset energi dimiliki Sulbar. (rls/)

Advertorial

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here