Konfrensi Pers Polda Sulbar Kali ini Bahas Hasil Operasi Ketupat 2019

0
73

KLIKSULBAR.ID — MAMUJU, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) kembali menggelar Konferensi Pers, kali membahas tentang hasil pelaksanaan operasi ketupat 2019, Senin (17/6/19).

Konferensi pers yang dilaksanakan di Aula Direktorat Lalu Lintas Polda Sulbar atau di jalan Ahmad Kirang juga dirangkaikan dengan halal bihalal pasca Idul Fitri 1440 Hijriah.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan Konferensi Pers ini dipimpin langsung oleh Wakapolda Sulbar Kombes Pol Dr. Endi Sutendi didampingi Dirlantas dan Kabid Humas serta dihadiri oleh para Pejabat utama lainnya serta seluruh mitra media.

Wakapolda Sulbar pada kesempatannya mengatakan pelaksanaan operasi ketupat siamasei 2019 yang dilaksanakan selama 13 (tiga belas) hari yang dimulai sejak tanggal 29 Mei hingga 10 Mei 2019 lalu Alhamdulillah berjalan aman dan terkendali.

Hal ini berdasarkan dari kondisi 6 Kabupaten yang ada di Sulwesi Barat (Sulbar) yang tetap aman dan terkendali, baik dari segi Kamtibmas, Lalulintas termasuk kondisi alam.

“Selama 13 (tiga belas) hari pelaksanaan operasi ketupat siamasei 2019 juga tidak terjadi kejadian menonjol.”

Keberhasilan tersebut tentu tidak terlepas dari partisipasi seluruh pihak khususnya teman-teman media yang terus memberitakan perkembangan situasi lalu lintas selama suasa arus mudik sehingga para pemudik dapat menentukan pemberangkatan yang aman maupun balik.

Berdasarkan hasil anev selama berlangsungnya operasi ketupat siamasei–2019 Jumlah pelanggaran mengalami penurunan dari 52 kali tilang dan teguran sebanyak 428 kali di tahun 2018  turun menjadi tilang sebanyak 34 kali dan teguran sebanyak 390 kali.

Sementara itu, Jumlah kecelakaan pada tahun 2018 sebanyak 24 kali dengan rincian korban yaitu korban meninggal dunia sebanyak 7 (tujuh) orang, luka berat sebanyak 2 (dua) orang dan luka ringan sebanyak 42 (Empat Puluh Dua) orang.

Sedangkan pada tahun 2019 kecelakaan menurun menjadi 11 kali hanya saja korban meninggal dunia mengalami peningkatan dari 7 (tuju) orang di 2018 menjadi 8 (delapan) orang ditahun ini.

Untuk korban yang mengalami luka berat tetap diangka yang sama yaitu dua orang, namun korban luka ringan menurun dari 42 korban menjadi 10 (sepuluh) orang ditahun ini, Jelas Wakapolda.

Beberapa faktor penyebab kecelakaan diantaranya Supirnya baru, jalan berlubang, jalan lincin dan kondisi alam lainnya.

Kabid Humas AKBP Hj. Mashura ditempat yang sama juga mengatakan keberhasilan operasi ketupat ini adalah karena tingkat kesadaran seluruh pengendara akan pentingnya keselamatan, dan tentunya tidak melupakan tujuan utama memberikan kabar gembira kepada keluarga dan bukan berita duka.

“Selama 13 hari pelaksanan Operasi Ketupat Siamasei 2019 Alhamdulillah berjalan dengan aman dan lancar sejak tanggal 29 Mei hingga tanggal 10 Juni 2019 dan terpenting tidak ada kejadian menonjol.” Kata Kabid Humas.

Humas Polda Sulbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here