Live di TVRI : Kapolda Sulbar Ajak Masyarakat Sulbar Sukseskan Pemilu 2019

0
144

KLIKSULBAR.id – MAMUJU, Menjelang puncak pemilihan umum (Pemilu) baik Pileg dan Pilpres 2019, Menurut Kabid Humas Polda Sulbar AKBP HJ MASHURA.SH bahwa,
Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar mengajak seluruh masyarakat sulbar untuk mendukung dan mensukseskan seluruh rangkaian pesta demokrasi ini demi Indonesia yang lebih sejahtera.

“Yang terpenting tanggal 17 April 2019 seluruh masyarakat harus menggunakan hak pilih jangan golpot karena masa depan bangsa ada ditangan kita semua,” tutur Kapolda.

Hal ini disampikan Kapolda Sulbar saat Live di Stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) Sulbar yang bertempat di Jl. H. Abd. Malik Pattana Endeng Kompleks Perkantoran Rangas Mamuju (Sulbar).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sulbar nampak bersama Ketua KPU Sulbar, Ketua Bawaslu Sulbar dan Raja Mamuju saat melaksanakan Bincang malaqbi membahas “jaminan keamanan sampai ke TPS” di TVRI Sulbar.

Saat dimulai dialog malaqbi ini pertanyaan pertama dari pembawa acara di tujukan kepada Ketua KPU terkait kesiapan pemilu.

Ketua KPU menyebutkan kesiapan pesta demokrasi sampai saat ini sudah dipermantap. Namun pihaknya tetap mengharapkan seluruh logistik pemilu harus sampai tepat waktu dan personilnya sudah siap.

Intinya jangan sampai TPS terpisah dari pengawasan Bawaslu dan pengamanan dari kepolisian.

“Alhamdulillah selama ini berjalan dengan aman,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu dalam mendukung pelaksanaan pemilu demokratis, saat ini penguatan pengawasan di tingkat TPS terus dilakukan.

Kami juga telah menekankan kepada para kader pengawasan untuk Proaktif. Selain itu, partisipasi masyarakat pada pemilu di Sulbar lumayan baik bahkan diatas rata-rata nasional.

Ada tiga konsep yang kami lakukan selama ini agar pemilihan berjalan dengan aman dan lancar yaitu menjaga Netralitas pengawas pemilu, Partisipasi pemilu dan konsestan itu sendiri.

Sedangkan Raja Mamuju dalam hal ini Andi Maksum mengatakan berdasarkan pengamatannya sampai saat ini tidak ada potensi gangguan yang terjadi Sulbar Alhamdulillah.

Menurut Kabid Humas Polda Sulbar Akbp. Hj. Mashura.SH bahwa pada saat
Kapolda Sulbar mendapat pertanyaan terkait kesiapan pengamanan pemilu mengatakan Alhamdulillah dalam mendukung Pemilu yang aman berbagai kesiapan telah dilakukan utamanya membangun sinergitas dari semua pihak.

Dari 3.865 TPS yang ada, kami juga telah memetakan pengamanan dengan memberi masing-masing kategori biasa, rawan, sangat rawan dan tentu dengan penguatan pengamanan yang berbeda.

Disamping itu, Kapolda juga menekankan bahwa masalah yang ada di TPS harus di selesaikan karena apertur di TPS lengkap ada pengawas, saksi, linmas dan sebagainya jadi permasalahan yang ada lebih mudah diselesaikan sebelum di kirim ke PPS sehingga tidak terjadi permasalahan ke tingkat selanjutnya, tuturnya.

Saat ditanya terkait spesifikasi TPS rawan, Kapolda menjelaskan kategori TPS rawan pada umunya karena jarak tempuh atau medan ke lokasi TPS yang sangat jauh contohnya di Kab. Mamasa ada TPS yang ditemput harus dengan berjalan kaki hingga 16 jam.

“Mewujudkan pemilihan yang bersih intinya ada ketegas dan Netralitas yang harus dijunjung tinggi serta profesional oleh TNI/POLRI tentunya tidak terlepas dari partisipasi seluruh elemen,” tutur Kapolda.

Selain itu, Kapolda diakhir kegiatan saat ditanya terkait harapan pemilu 2019 mengharapkan para pelaksana dilapangan bisa mensinergikan dan mengedepankan mata hati dan memahani tugas bahwa kita adalah pelayan. Semoga melalui upaya, doa dan harapan kita bersama Allah Subuhanahu Wataalah memberikan perlindungan dan memberikan hasil terbaik pada penyelenggaraan pemilu, pungkasnya.

Ditempat yang sama, usai bincang malaqbi yang disiarkan secara langsung oleh TVRI, Kabid Humas AKBP Hj. Mashura juga mengharapkan partisipasi masyarakat dalam membangun sinergi mensukseskan pemilu yang aman, damai dan sejuk, harapnya.

Humas Polda Sulbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here