Hamdan Dangkang: Orang Gila Boleh Mencoblos Asalkan Kantongi Surat Dari Dokter

0
317
ODGJ Mencoblos di Pemilu 2019
Ket.Foto: Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang, S.Kom.,MT.

KLIKSULBAR.id MAMUJU, Di Pemilu 2019 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dimasukkan dalam daftar pemilih tetap (DPT) dalam kategori Disabilitas mental.

KPU sebagai pnyelenggara pemilu memiliki landasan kuat untuk tetap memasukkan ODGJ sebagai bagian dari DPT. Hanya, dalam praktiknya di lapangan, ada persyaratan tambahan.

Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang saat menjadi Narasumber di FGD Panwas Kecamatan Papalang menjelaskan, ODGJ yang dimasukan dalam DPT memiliki sejumlah kategori yang bergantung pada tingkat gangguan jiwanya. Selasa (4/12/2018).

“Nanti ODGJ Yang dapat menentukan hak pilihnya itu kategori sedang dan menengah, kalau berat itu tidak bisa,” katanya.

Beberapa jenis gangguan jiwa masih mungkin untuk diupayakan kesembuhannya.

“ODGJ dapat menentukan hak pilihnya bila ada surat keterangan dari dokter ahli, jika dokter berkata belum bisa memilih, maka hak pilihnya tidak akan diberikan,” ujar Hamdan Dangkang, Mantan Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Tomakaka.

“Jadi, hak pilihnya dulu yang dilindungi. Soal nanti mencoblosnya, harus dibuktikan dengan surat keterangan sehat,” tambahnya.

KPU akan memasukkan ODGJ dalam kategori disabilitas, yakni disabilitas mental. Di Kabupaten Mamuju ada sekitar 700 orang penyandang disabilitas.

“ODGJ di Kabupaten Mamuju jumlahnya tidak mencapai puluhan,” tutupnya. (/*FA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here