Tahanan Bunuh Diri, Kapolda Sulbar Akan Evaluasi Keamanan Sel  

0
366
polda sulbar
Ket.Foto: Kepala Polisi Daerah Sulawesi Barat, Brigjen Pol Baharuddin Djafar.

KLIKSULBAR.id – MAMUJU, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat akan mengevaluasi sistem pengamanan terhadap para tahanan di kantor-kantor kepolisian, mulai tingkat kepolisian daerah hingga kepolisian sektor.

Beberapa hari lalu, tahanan Polsek Urban Mamuju, Komar ditemukan tak bernyawa diruang tahanan dengan posisi leher tergantung dengan sebuah ikat pinggang yang diikatkan pada jeruji besi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dari Rumah sakit Bhayangkara Mamuju dan diperkuat oleh hasil visum dari Rumah sakit umum Polewali Mandar bahwa ditemukan adanya bekas jeratan pada leher bagian depan sepanjang 37 (tiga puluh) centimeter dan lebar 2 (dua) centimeter yang dapat mengakibatkan kematian.

“Setelah kami olah TKP, dugaan kuat korban bunuh diri. Tetapi kelalaian personil yang piket jaga itu akan kita proses,” Kata Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar. Selasa (13/11/2018).

Kepolisian Daerah Sulawesi Barat akan melakukan rekontruski sesuai dengan prosedur.

“Kita akan tanya dari mana si tersangka mendapatkan ikat pinggang bekas itu. Lalu ada tidak pemeriksaan terhadap pelaku sebelum dimasukkan Ke sel. Kemudian disterilkan tidak sel yang akan ditempati pelaku dan ada tifa serah terima tahanan sesuai SOP,” papar Kapolda.

4 orang personil Polsek Urban Mamuju sudah dilakukan pemeriksaan, jika terbukti ada kelalaian mereka akan ditindak dengan sanksi disiplin. 

“Kalau terbukti mereka akan dimasukan ditempat khusus selama 21 hari. Keempat petugas itu tidak kami nonaktifkan karena personil di Polsek sangat terbatas,” ujar Kapolda.

Kapolda juga menuturkan bahwa tersangka mempunyai riwayat ingin bunuh diri sebanyak Dua kali.

“Kalau tidak percaya coba tanyakan Ke keluarganya,” tutupnya. (FA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here