BkkbN: Ketersediaan Alat Kontrasepsi Sangat Penting

0
140
Ket.Foto: Dra.Hj.Andi Ritamariani, Saat Menggelar Konfrensi Pers Di Aula Kantor Perwakilan Sulbar.

KLIKSULBAR.ID — MAMUJU, Dalam rangka mendukung kesuksesan program Keluarga Berencana (KB) di daerah maka salah satu faktor  yang sangat penting adalah adanya jaminan ketersedian alat kontrasepsi untuk memenuhi  hak-hak reproduksi pasangan usia subur.

“Jaminan alat kontrasepsi akan tercipta , apabila dimana kondisi pasangan usia subur dapat dengan mudah memperolehnya, dimanapun, kapanpun dan aman sesuai jenis kontrasepsi yang diinginkan,” kata Kepala Perwakilan BkkbN Provinsi Sulbar, Andi Ritamariani, saat menggelar konfrensi pers di aula kantor BkkbN Sulbar. Selasa (31/7/2018).

Ia mengatakan, ketersedian alat kontrasepsi  terkadang tidak berjalan mulus karena disebabkan beberapa faktor  dilapangan, seperti kurangnya sosilaisasi dan komitmen dari berbagai pihak.

Selain itu kurang lengkapnya laporan bulanan stok alat kontrasepsi atau Alkon laporan ketersedian peralatan medis dan laporan stok opname Alkon dan non Alkon.

Andi Ritamariani menjelaskan dengan kondisi dan kendala yang ada sehingga perlu dilakukan kegiatan oreantasi bagi pengelola barang untuk menambah pengetahuan dan wawasan. 

Menurutnya distribusi  Perencanaan Alkon, penerimaan, serta penyalurannya dan penyimpanan merupakan hal yang mutlak diperhatikan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur ( SOP) yang sudah ditentukan. 

Kemudian lanjut Andi Ritamariani dalam upaya  pemenuhan alat kotrasepsi dilakukan melalui dua jalur yaitu jalur program dan dengan komitmen dari berbagai pihak seperti komponen kebijakan, pelayanan, pendanaan, pemasok, dan manajeman logistik.

Ditegaskannya bahwa penyaluran  alat kotrasepsi dlangsung ke BkkbN di daerah melalui apa yang paling diminati di daerah tersebut.

“Diharapkan dengan terpenuhinya ketersediaan  alat kontrasepsi maka hak-hak reproduksi pasangan usia subur dapat terpenuhi dan akan berdampak  pada penurunannya  angka kelahiran,” kata Andi Ritamariani. (FA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here