29 Juli, SMA Sedrajat Ajattapareng Akan Berkumpul di UMPAR Mapala SALAWAT UMPAR, Gelar “BACA”

0
191

KLIKSULBAR, PARE-PARE. Mahasiswa Pencinta Alam Suara Alam Mahasiswa Taqwa Universitas Muhammadiyah Parepare (Mapala SALAWAT UMPAR) gelar kegiatan Bina Akrab Cinta Alam pada tanggal 29 Juli 2018 di Kampus Biru UMPAR pekan depan.

Mengusung tema “Menyulam Mimpi Merawat Dedikasi Alam Negeriku” adalah  sebuah gagasan serta aspirasi bentuk nyata dari gerakan Organisasi Pencinta Alam (OPA) dalam upaya membentuk karakter generasi muda yang peduli terhadap bumi dan seisinya, atas dasar itulah, untuk merefresh kembali tujuan itu, diadakanlah kegiatan BACA dengan sasaran SMA Se-Ajatappareng (Parepare, Sidrap, Enrekang, Pinrang dan Barru).

Ketua Panitia BACA Asri J, saat ditemui menjelaskan bahwa dewasa ini, tidak jarang kita temukan kegiatan yang dilaksanakan beberapa penggiat alam hanya sekedar kegiatan yang bersifat konsumtif saja dan terkesan pribadi, sehingga kami kembali meramu kegiatan yang dapat membentuk karakter generasi muda yang peduli terhadap pelestarian lingkungan, mengasah jiwa nasionalisme generasi muda, mengasah kreatifitas serta kepekaan peserta terhadap lingkungan. 

Asri J, menambahkan bahwa tentunya, sasaran dari kegiatan ini adalah pelajar SMA/SMK sederajat Se-Ajatappareng dengan waktu pelaksanaan, 29 – 31 Juli 2018 mendatang dengan uraian kegiatan diantaranya Kemah Bersama, Pemberian Materi (Sumber Daya Hayati Kawasan Timur Indonesia / Bela Negara / Penanggulangan Bencana Alam / Teknik Survival / Lomba Tali Temali / Hasta Karya / Lomba Karya Ilmiah (Essay) dengan tema lingkungan hidup / Lomba Mading Tiga Dimensi dengan tema lingkngan hidup. Paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum Mapala SALAWAT UMPAR Eko Muryanto mengatakan bahwa kegiatan Bina Akrab Pencinta Alam (BACA) merupakan kegiatan kemah bersama yang di isi dengan kegiatan-kegiatan pendidikan dapat menambah wawasan tentang Sumber Daya Hayati serta pengelolaannya secara bijak. Selain itu kegitan ini nantinya akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan yang dapat mengasah keterampilan dan cara berpikir para peserta kegiatan.  

Ia melanjutkan, kalau keterlibatan siswa dan siswi SMA sederajat sebagai peserta dalam kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter peduli lingkungan dalam diri pribadi setiap peserta. Sebagai generasi penerus bangsa, peran pemuda masa kini sangatlah berpengaruh terhadap keberlangsungan pelestarian Sumber Daya Alam di masa yang akan datang. Pemuda masa kinilah yang nantinya akan berperan menjadi pejuang-pejuang lingkungan hidup melawan ketatnya persaingan di era sekarang ini. Tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here