Ular Pemakan Manusia di Sulawesi Masih Kalah dengan Ular Satu Ini, Sanggup Makan Buaya Dewasa

0
2183

KLIKSULBAR.ID, SULBAR — Peristiwa ular yang memangsa manusia telah terjadi dua kali dalam kurun waktu dua tahun terakhir di pulau Sulawesi.

Korban pertama, Akbar (25) seorang pemuda warga Dusun Pangerang, Desa Salubiro, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah. Sementara korban kedua Watiba (54) yang bermukim di Desa Persiapan Lawela, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Ular yang menelan Akbar dan Watiba sepanjang tujuh meter lebih. Namun kedua ular tersebut masih bisa bertumbuh dan belum mencapai batas maksimal panjang tubuhnya.

Seperti dikutip dari Wikipedia, ukuran terbesar dari keluarga Phytonidae ini, dapat melebihi 8.5 meter dan merupakan ular terpanjang di dunia. Lebih panjang dari anaconda (Eunectes), ular terbesar dan terpanjang di Amerika Selatan.

Ular Terbesar yang Pernah Hidup
Kendati ular yang menelan Akbar dan Watiba memiliki panjang dan ukuran yang sangat besar. Namun ular tersebut bukan yang terbesar yang pernah hidup di dunia.

Gelar ular terbesar yang pernah hidup disandang Titaboa (Boa Titan), dari Kolombia yang hidup pada periode Paleosen sekitar 60 hingga 58 juta, atau berpuluh juta tahun sebelum manusia pertama muncul.

Satu-satunya spesies dalam genus ini yang diketahui adalah Titanoboa cerrejonensis, ular terbesar yang pernah ditemui.

Ilmuwan memperkirakan T. cerrejonensis memiliki panjang 13 m atau hampir dua kali ular yang menelan yang menelan manusia, massa tubuh Titanoboa lebih dari 1.100 kg, dan memiliki lebar 1 m. Bisa dibilang Titanoboa seukuran dengan bus penumpang.

Makanan utama dari Titanoboa yaitu reptil raksasa dan buaya yang juga hidup pada periode yang sama.

Fosil  T. cerrejonensis ditemukan di tambang batu bara Cerrejón di Kolombia utara tahun 2009. Apabila Titanoboa masih ada, niscaya ia akan dianggap sebagai ular yang paling luar biasa. (adm/net)

VIRAL!! Video saat Warga Membelah Perut Ular Pemakan Manusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here