Mengerikan!! Ternyata Begini Cara Ular Piton Memangsa Manusia

0
3277

KLIKSULBAR.ID, SULTRA — Indonesia kembali dikejutkan dengan peristiwa ular yang memakan manusia dewasa. Yang menjadi korban yaitu Watiba (54) yang berasal dari desa Desa Lawela, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kejadian ini kembali mengingatkan kita peristiwa yang sama setahun yang lalu di Mamuju Tengah, yang menjadi korban adalah pemuda bernama Akbar (25) dari Karossa, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

Ular yang memakan Watiba dan Akbar  tergolong sangat besar, dengan panjang mencapai tujuh meter lebih.

Nahasnya kejadian tersebut terjadi saat keduanya sedang pergi ke kebun masing-masing. Hal ini semakin diperparah karena keduanya nekat pergi tanpa ditemani seorang pun.

Warga saat berusaha mengeluarkan Watiba (56) dari dalam perut ular.

Muncul pertanyaan di benak kita bagaimana cara ular phyton itu bisa memangsa manusia dewasa seperti Watiba dan Akbar. Begini penjelasannya.

Terlebih Dahulu Melemahkan Tubuh Mangsanya
Ternyata sebelum memakan manusia, ular terlebih dulu akan membelit tubuh mangsanya dengan kuat guna menghancurkan tulang-tulangnya hingga lemas atau meninggal.

Menelan Mangsa Secara Utuh
Setelah proses tersebut, ular piton akan langsung menelan mangsanya dengan utuh tanpa harus mengunyahnya.

Memiliki Enzim Khusus di Perut
Baru setelah masuk kedalam perut, lalu tubuh mangsanya akan dicerna dan dihancurkan oleh enzim khusus yang ada didalam perutnya.

Mulut yang Fleksibel dan Elastis
Ternyata ular memiliki rahang yang fleksibel atau luwes sehingga dia bisa bebas memasukkan mangsanya , termasuk manusia.

Manusia Bukan Mangsa Utama Ular Piton
Ada yang menyebutkan jika kasus ular memakan manusia ini jarang sekali terjadi, karena manusia memang bukan mangsa utamanya. Umumnya ular besar sejeni piton akan memangsa mamalia besar seperti rusa atau babi hutan. Meski begitu, ular memilih mangsa sesuai dengan kebutuhan kalorinya. Lalu bagaimana bisa ular memakan manusia? Aji Rachmat, Ketua Sioux Indonesia -lembaga konservasi ular, Piton tidak memiliki kemampuan membedakan manusia dengan hewan. Piton sendiri memiliki cara unik untuk mencari mangsanya, yakni dengan mengandalkan panas tubuh mangsanya. Ular memangsa manusia karena kondisinya sangat lapar dan dia tak menemukan makanan yang bisa dimakan.

Semakin mangsanya bergerak, maka belitan ular akan semakin kuat

Berdasarkan analisa di lapangan, kemungkinan korban sempat melakukan perlawanan karena ular piton termasuk tidak berbisa. Meski begitu akhirnya dia kalah akibat belitan ular yang terus menguat. Memang salah satu sifat piton adalah semakin mangsanya bergerak, maka ia akan memperkuat lilitannya.
Mengerikan sekali ya, cara ular piton memakan manusia. Semoga saja kejadian mengerikan ini tidak akan terulang lagi dimanapun tempatnya. (adm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here