Sambusa, Makanan Khas Mamuju yang Mendunia

1
2226

kliksulbar.id, MAMUJU – Sambusa merupakan gorengan berbentuk segitiga, yang memiliki isian berupa ikan tuna dan daun bawang. Makanan ini menjadi panganan khas daerah Mamuju dan Sulawesi Barat.

Namun ternyata sambusa bukan hanya ada di Sulawesi Barat. Tetapi juga terdapat di negara besar Asia Selatan yaitu India.

Masyarakat di India menyebutnya dengan samosa.

Hampir mirip secara tampilan dengan sambusa dari Mamuju. Samosa dari india juga berbentuk segitiga dengan pengolahan digoreng.

Tetapi perbedaan mencolok terlihat pada isiannya. Jika sambusa dari Mamuju berisikan ikan, sedangkan samosa dari India berisi  kentang rebus berbumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar, dan kadang-kadang paneer.

Perbedaan pada isian sambusa dari Mamuju dan samosa dari India kemungkinan karena faktor geografis.

Mamuju kaya akan hasil laut, karena mayoritas masyarakat pesisir menggantungkan diri dari laut, sehingga panganan sambusa menjadi berisi ikan. Sedangkan India merupakan negara subtropis yang hampir sepanjang tahun beriklim panas, sehingga isiannya dari hasil bumi tanaman palawija yaitu kentang.

Namun kenikmatan dari isian sambusa lebih nikmat di lidah pecinta kuliner di Mamuju ketimbang samosa dari India.

Saking enaknya, orang yang kadang terlanjur sudah mencicipi sambusa seperti ketagihan. Namun kita juga tetap harus mebatasi sambusa yang dimakan karena akan berakibat negatif jika terlalu banyak. (adm)

 

1 KOMENTAR

  1. Orang Majene dan Polman yg membawa sambusa ke Mamuju, jd sambusa bukan makanan khas mamuju
    Tolong ditelurusi dulu sblm bikin berita
    Bandingkan rasa sambusa buatan orang Majene/polman dgn buatan orang mamuju
    #maaf tdk ada maksud menyinggung org mamuju, tp memang begitulah kenyataannya
    Berbeda halx dgn Tetu’… Tetu’ asli Mamuju

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here