Mahasiswa KKN Unika Ajak KPA Sulbar Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS

0
277
Ket.Foto: Burahim,Sos saat menyampaikan materi pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tingkat pelajar se Kecamatan Duripoku Kabupaten Mamuju Utara.

KLIKSULBAR.id, MAMUJU UTARA – Mahasiswa KKN Universitas Tomakaka Angkatan IX Tahun 2017 Tim Posko Kecamatan Duripoku mengajak Koordinator Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sulawesi Barat untuk mensosialisasikan Bahaya HIV/AIDS di tingkat pelajar SMP-SMA se Kecamatan Duripoku Kabupaten Mamuju Utara. Kegiatan itu sendiri berlangsung di aula SMPN 01 Duripoku‎‎. Rabu, 25/10/2017.

Sosialisasi tersebut dilakukan untuk menyasar generasi muda untuk melakukan pencegahan dan penangulangan penyakit HIV/AIDS.

Menurut Burahim,S.Sos apa yang dilakukan oleh para mahasiswa KKN untuk mengajak KPA Sulawesi Barat menggelar sosialisasi bahaya penyakit HIV/AIDS ditingkat pelajar merupakan edukasi langkah prefentif.

“Para generasi muda diharapkan dapat mengetahui sejak dini apa itu HIV/AIDS? Karena, diingatkan bahwa untuk tingkat kerawanan dari jenis yang satu ini begitu tinggi,” paparnya.‎

Karena itu, kenapa kita lirik para generasi muda yang kita kejar? Agar mereka dapat lebih memiliki kesadaran dan lebih melihat informasi mengenai apa itu HIV/AIDS.‎

“Tujuanya agar mereka dapat menjadi agen informasi di lingkungan sekolah, bahkan pada keluarganya untuk menyapakan informasi tersebut,” terangnya.

Untuk ke depannya, dia memberi saran agar mereka dilibatkan, jika ada kegiatan pemerintahan yang berhubungan dengan kondisi remaja. Karena, sambung dia, mereka merupakan lembaga semi pemerintahan serta kualitas sektoral. 

“Misalnya, ada Dinas terkait mengadakan kegiatan sosilisasi narkoba kepada anak remaja, sebaikanya KPA dapat juga dilibatkan. Karena untuk narkoba dan HIV dapat kita kaji bersama. Tujuannya mengingat hal ini begitu penting untuk disampaikan kepada para genarasi muda kita,” imbuhnya.

Burahim berharap kedepannya, pemerintah daerah untuk giat melakukan sosialisasi bahaya narkoba dan HIV/AIDS agar generasi muda kita sadar akan bahaya obat-obatan tersebut.‎ (Farid Al-Jawani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here